Bunghatta.ac.id. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakutlas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengadakan dua kegiatan yang berbeda yakni Kuliah Umum Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar dengan hadirkan menghadirkan pembicara Dr r. Hj Armiarti, M. Pd, dan Diskusi Ilmiah Mewujudkan Peran Mahasiswa dalam Membangun Kepemimpinan yang Berkarakter dan Bermanajemen dengan narasumber Dr. M. Sahnan, M. Pd yang bertempat di Aula Balairung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta pada 17-18 September 2016.



Ketua Program Studi PGSD Dr. M. Sahnan, M. Pd. mengatakan didalam pendidikan ada dua hal yang paling mendasar yaitu holistic dan komprehensif. Dengan adanya peraturan yang dikeluarkan pemerintah mengenai pendidikan karakter ini sebagai langkah awal dalam menanamkan nilai-nilai karakter dalam diri mahasiswa danoutputnya nanti agar mahasiswa mampu mengintegrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran kepada siswa terutama siswa sekolah dasar.

"Selain kuliah umum, kegiatan ini juga sekaligus untuk mensosialisasikan kegiatan magang 1 dan 2 yang dilaksanakan oleh mahasiswa PGSD. Diharapkan dengan adanya kuliah umum ini, mahasiswa PGSD bisa menjadi guru yang berkarakter sehingga bisa melahirkan bibit bangsa sebagai pelurus bangsa," ungkapnya.

Kemudian dalam Kegiatan diskusi ilmiah pada 18 September 2016 ini diikuti oleh seluruh mahasiswa jurusan PGSD se Sumatera Barat yaitu dari Universitas Negeri Padang, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang, Universitas Muhammaddiyah Sumatera Barat, Universitas Dharmas Indonesia, dan Universitas Bung Hatta dengan lima orang perwakilan masing-masing perguruan tinggi.

Ketua Pelaksana, Arespi Junindra menyampaikn diskusi ilmiah ini merupakan salah satu program kerja dari himpunan PGSD sebagai bentuk membangun ikatan mahasiswa jurusan PGSD se Sumatera Barat. “Sengaja kami mengangkat tema ini karena kurang terlihatnya peran mahasiswa dalam hal itu, kebanyak mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan PGSD banyak yang hanya kuliah pulang-kuliah pulang alias Kupu-Kupu,” imbuhnya. (**Ubay-Humas-UBH/Cawan WP: Kurnia Puspita Sari)