Bunghatta.ac.id. Sebanyak 227 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bung Hatta mengikuti kegiatan Orientasi Praktik Lapangan Kependidikan yang bertempat di Aula Gedung 6 Blok B Kampus Proklamator II Universitas Bung Hatta, Rabu.(04/01/2017).

 

Kegiatan yang betema menerapkan kemampuan potensial keguruan secara utuh dan terpadu dalam situasi nyata melalui praktik lapangan kependidikan ini menghadirkan 3 narasumber yaitu Syamdani, M.Pd Kasi TT Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Padang, Kepala Sekolah SMPN 31 Padang Dra Mardawati, M.Pd dan Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoensia Universitas bung hatta Dra. Syofyani, M.Pd.

Dalam sambutan pembukaannya Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA. CA menyampaikan dalam beberapa tahun ini Universitas Bung Hatta sedang memperbaiki dan meningkatkan mutu akademiknya yang sangat penting nantinya bagi lulusan dalam memperoleh pekerjaan. 

Bulan Desember 2016 lalu, Universitas Bung Hatta telah divisitasi oleh asesor BAN-PT untuk penilaian Akreditasi Insitusi Perguruan Tinggi (AIPT). Dengan ini untuk memperkuat kualitas mutu akademik dan diharapkan memperoleh hasil akreditasi yang sangat baik. Karena Universitas Bung Hatta berkomitmen untuk menjaga mutu dan seusai dengan KBK-KKNI

“Terkait dengan praktik lapangan ini, diharapkan para mahasiswa dapat menjaga nama baik insitusi, sama seperti mahasiswa KKN-PPM yang diterjungkan ke lapangan. Selain untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh juga menjadi duta bagi kampus yang harus menujukan integritas dan prilaku yang baik mencerminkan sifat teladan Bung Hatta,” sebutnya.

Dekan FKIP Universitas Bung Hatta Drs. Khairul, M.Sc mengatakan praktik lapangan ini merupakan ujian terakhir bagi mahasiswa FKIP untuk memantapkan jati dirinya sebagai seorang guru sebelum terjun di lapangan. Selama praktik lapangan ini mahasiswa akan menerapkan ilmunya secara profesional sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Selama praktik lapangan para mahasiswa dapat lebih mendalami lagi mengenai metode pembelajaran, perancangan pembelajaran hingga media pembelajaran yang telah diperoleh dari kurikulum. Diharapkan dengan praktik lapangan ini mahasiswa dapat menjadi calon guru yang profesional,” pesannya.

Sementara itu Sementara itu, Yulfia Nora, S.Pd, M.Pd, Ketua Penyelenggara Praktik Lapangan Kependidikan FKIP Universitas Bung Hatta menyampaikan pembekalan ini bertujuan untuk menyiapkan diri mahasiswa sebelum terjun ke lapangan sebagai tenaga pendidik di sekolah-sekolah sehingga kita juga turut dalam menyiapkan dan meningkatkan profesionalisme calon guru. 

“Nantinya mahasiswa peserta praktik lapangan kependidikan ini berlangusng dari bulan Januari hingga Maret 2017 yang disebar ke 21 sekolah di Kota Padang yang terdiri dari SD, SMP dan SMA,” sebutnya. (**Ubay-Humas UBH)