Bunghatta.ac.id. Mengawali perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2016/2017, program studi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesaa (Pindo) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengadakan kuliah umum yang bertajuk kiat-kiat merancang penelitian bahasa, sastra dan pengajaran yang menghadirkan narasumber Prof. Dr. Yasnur Asri, M.Pd. 

 

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dan dosen Pindo Universitas Bung Hatta ini diselenggarakan di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (26/08/2016). Didampingi oleh moderator Dr. Marsis, M.Pd, narsumber yang merupakan akademisi Universitas Negeri Padang ini mulai menjelaskan mengenai penelitian mengenai bahasa, sastra dan pengajaran yang disertai dengan contohnya. Kemudian memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif. “Dalam menulis penelitian akan lebih menarik bila meneliti hal-hal yang berbau kearifan lokal. Di daerah Minagkabau memilik ragam kearifan lokal yang dapat diangkat untuk menjadi judul penelitian. Terkadang ketika sudah memiliki judul, mahasiswa akan bingung untuk mencari data apa dan instrumen apa yang akan digunakannya,” sebutnya.

Terkait dengan masalah penelitian, para mahasiswa terkadang menghadapi kesulitan dalam memecahkan masalah metodologik dan kekurangan fakta-fakta material. Dalam dunia nyata banyak masalah yang harus diselesaikan dengan segera dalam waktu tertentu, namun tidak semua masalah tersebut dapat diangkat menjadi masalah penelitian, oleh karena itu perlu dilakukan identitifkasi masalah. “Ada beberapa carata yang dapat ditempuh seperti analisis literatur terutama publikasi hasil penelitian yang relevan, rekomendasi tindak lanjut hasil penelitian, forum-forum ilmiah, pernyataan pemegang otoritas baik ilmuan maupun birokrasi, pengamatan sepintas suatu kejadian atau peristiwa tertentu hingga pengalaman pribadi peneliti dalam bidang tertentu yang menarik untuk diteliti,” sebutnya.

Sementara itu, Dra. Syofyani, M.Pd menyampaikan dengan kuliah umum ini menjadi program jurusan untuk menambah wawasan dan memerkaya pengetahuan mahasiswa dalam merancang penelitian bahasa, sastra dan pengajaran.“Dengan kuliah umum ini mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk menggali ilmu yang banyak dari narasumber terutama bagi mahasiswa tingkat akhir yang akan melaksanakan penelitian,” ujannya. (**Ubay-Humas UBH)