Bunghatta.ac.id. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesaa (Pindo) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta mengadakan sosialaisasi penerapan Kurikulum KBK-KKNI dan mata kuliah Magang yang diadakan di Aula Balirung Caraka Gedung B Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Jumat (26/08/2016).



Dihadapan seluruh mahasiswanya, Ketua Program Studi Pindo Dra. Syofyani, M.Pd yang didampingi Sekretaris Program Studi Pindo Romi Isnanda, S.Pd. M.Pd menyampaikan terakait dengan penerapan kurikulum KBK-KKNI yang mulai berlaku pada semester ganjil tahun akademik 2016/2017 di Universitas Bung Hatta, maka terdapat beberapa hal dan ketentuan baru yang harus dipahami oleh mahasiswa.

“Untuk mata kuliah Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) tidak ada dalam kurikulum baru ini sebagai gantinya mata kuliha magang. Para mahasiswa akan mengambil mata kuliah tersebut dimulai dari semester 3, untuk magang 1, semester 5 untuk magang 2 dan semester 7 untuk magang 3,” sebutnya.

Ia menyampaikan pelaksanaan PLK ini untuk program PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) yang merupakan bagian level 7 dari standar KKNI. Sedangkan untuk pendidikan S1 (sarjana) tingkatannya di level 6. Dalam membekali mahasiswa untuk mencapai kompetensinya maka dilaksankan magang.

“Magang ini untuk memperluas wawasan mahasiswa mengenai pelaksanaan penyelnggaraan dunia kerja guru dengan cara memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengamati secara langsung proses tersebut. Dengan magang juga mahasiswa dapat membangun kerja sama dengan guru dan sekolah, melatih kemampuan berinteraksi sosial dan mampu menjadi pribadi yang mandiri,” sebutnya.

Diingatkannya, selama dua semester ini adalah masa transisi dari pemberlakukan kurikulum baru sehingga masih ada hal-hal yang terus dipersiapkan agar lebih baik lagi seperti konversi mata kuliah baru dan nilai. Bagi mahasiswa terutama mahasiswa tingkat akhir agar segera melakukan konversi nilai. Begitu juga agar mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari untuk mengikuti tes Toefel sebelum ujian akhir skripsi

“Pelaksanaan magang ini nantinya akan ada pembekalan dari tim dosen yang ditunjuk oleh jurusan untuk menjadi pembimbingnya. Mahasiswa akan melakukan observasi dan orientasi di sekolah, kemudian mengadakan prsesentasi dan diskusi di kampus hingga nantinya hasil magang tersebut diseminarkan dan buat laporan akhirnya. Semua panduan dan ketentuannya dapat mahasiswa ambil di program studi,” imbuhnya. (**Ubay-Humas UBH)