Tim PKM Prodi PMAT Adakan Workshop Implementasi Literasi dan Numerasi di SMA NEGERI 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman

Cetak

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Dosen Program Studi Pendidikan Matematika (PMAT) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bung sukses menyelenggarakan "Workshop Implementasi Literasi dan Numerasi dalam Pembelajaran bagi Guru SMA N 1 Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman Sumbar", Kamis (13/7/23). Adapun tim yang turut serta dalam kegiatan ini, antara lain Ketua Prodi PMAT Puspa Amelia, M. Pd. serta para dosen PMAT, di antaranya Dra. Susi Herawati, M. Pd., Dra. Rita Desfitri, M. Sc., Drs. Fazri Zuzano, M. Si., Dr. Khairudin, M. Si., Dra. Niniwati, M.Pd., Dr. Syukma Netti, M.Si., dan Yusri Wahyuni, S. Pd., M. Pd.

 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru di lingkungan SMA N 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan ini sekaligus juga menjadi momen bagi kedua belah pihak untuk melangsungkan penandatanganan MoU, dengan fokus kepada kegiatan bidang pendidikan. 

 

Dr. Syukma Netti, M. Si., sebagai narasumber menyampaikan bahwa literasi numerasi adalah upaya dalam menggunakan angka dan simbol lain untuk memberikan pemahaman dan pengekspresian hubungan kuantitatif. 

 

"Untuk mata pelajaran Matematika, literasi numerasi bertujuan agar penerapan materi yang dipelajari para siswa berorientasi kritis dan dekat dengan kehidupan nyata mereka,"sebut Syukma Netti.  

 

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa numerasi lintas kurikulum juga bertujuan agar guru dapat menciptakan berbagai kesempatan belajar sehingga pemahaman siswa terhadap suatu hal atau materi menjadi lebih konkret.

 

Hal senada juga diungkapkan oleh Dr. Khairudin, M. Si., sebagai narasumber kedua. Menurutnya, dengan literasi numerasi, siswa diharapkan mampu mengolah informasi dan pengetahuan menjadi lebih cakap dengan berbasis data berupa angka atau simbol-simbol. Sebab, literasi numerasi dibutuhkan oleh segala bidang

. (*rr)