Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bung Hatta sebagai bagian integral dari Universitas Bung Hatta mulai menjalankan misinya dari tanggal  20 April 1981 dengan status terdaftar. pada awal berdiri, FKIP Universitas Bung Hatta terdiri dari 2 jurusan, yakni : (1) Jurusan Pendidikan  Bahasa dan Seni dengan program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan program studi Pendidikan Bahasaa Inggris, dan (2) Jurusan Pendidikan Matematika . pada tahun 1982 FKIP Universitas Bung Hatta membuka jurusan  Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. pada tahun 2006 dan 2007 FKIP Universitas BUng Hatta secara berturut-turut membuka program studi Pendidikan Biologi dan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. pada tahun 2011 FKIP Universitas Bung Hatta membuka prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer.

 

Disamping melaksanakan pendidikan dan pengajaran pada jenjang strata satu pada tujuh program studi seperti disebutkan diatas, pada tahun akademik 1985 FKIP Universitas Bung Hatta dipercaya oleh pemerintah melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 34/DIKTI/1985 menyelenggarakan Program Diploma Dua (D-2) untuk Ptogram Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Matematika.

Sebagai wujud dari upaya peningkatan kualittas lembaga dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, pada tahun akademik 1989 FKIP Universitas Bung Hatta berhasil memperoleh status diakui untuk program studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegran. Kemudian pada tahun 1993, FKIP Universitas Bung Hatta berhasil meraih predikat terakreditasi, yaitu status disamakan. yang mensejajarkan kualitas proses pembelajaran perguruan tinggi swasta dengan peerguruan tinggi negeri. artinya, dengan predikat status disamakan, tidak ada keharusan lagi bagi mahasiswa FKIP Universitas Bung Hatta untuk mengikuti ujian negara setelah lulus seluruh mata kuliah.

Pada tahun 1998, sesuai dengan perubahan sistem penilaian status program studi, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Naasioanal Perguruan Tinggi (BANPT), 4 program studi di FKIP Universitas Bung Hatta memperoleh status terakreditasi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memperoleh akreditasi B (sampai saat ini) masih B), sedangkan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Matematika serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan memperoleh akreditasi c. ketiga program studi ini berhasil memperoleh akreditasi B pada tahun 2001, 2002, dan 2003 (sampai saat ini masih B). Pendidikan Biologi, Pendidikan Sekolah Dasar dan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer memperoleh akreditasi C sejak awal berdirinya program studi tersebut. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar berhasil memperoleh Akreditasi B pada tahun 2014.

sejak tahun 2004, beberapa progran studi di FKIP Universitas Bung Hatta berhasil memenangkan beberapa program hibah. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Pendidikan Bahasa Inggris memenangkan Program Hibah A1, program studi Matematika berhasil memenangkan Hibah A1 dan A2, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berhasil memenangkan Program Hiabh A2, dan FKIP Universitas Bung Hatta berhasil memenangkan program Hibah PGSD-B dan Program Hiabh Labor Micro Teachin.

Sejak tahun 2006, Universitas Bung Hatta merupakan salah satu perguruan tinggi pada rayon 6 sebagai mitra Universitas Negeri Padang dalam menyelenggarakan program sertifikasi bagi guru dalam jabatan. disamping itu, dengan predikat Akreditasi B tersebut, sejak tahun 2009 FKIP Univeristas Bung Hatta ditetapkan oleh pemerintah melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasioanal Republik Indonesia Nomor : 015/P/2009 sebagai salah satu perguruan tinggi untuk menyelenggarakan Program Sarjana Kependidikan bagi Guru dalam jabatan (SKGJ).

Sejak awal berdiri samapai sekarang, FKIP Universitas Bunng Hatta telah dipimpin oleh enam orang dekan, yaitu : Drs. Syahwin Niikelas (1981 s.d 1983 dan 1985 s.d 1989), Drs. Slamet Anwar (1983 s.d 1985,1990 s.d 1993, dan 1993 s.d 1996), Prof. Dr. Mukhaiyar, M.Pd (1996 s.d 1999 dan 1999 s.d 2001), Drs. Syamsul Huda, M.Pd. (2001 s.d 2005), Dr. Marsis, M.Pd, (2006 s.d 2010, 2010 s.d 2014 dan Drs. Khairul, M.Sc (2014 samapi sekarang. Disamping itu, FKIP Universitas Bung Hatta juga pernahdipimpin oleh Ir. m. Nursyaifu Yulius , MT sebagai PLT Dekan pada tahun 2005 s.d 2006.