Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dosen Universitas Bung Hatta memberikan sosialisasi kepada kepada siswa-siswa di SMAN 12 Padang terkait dengan pengolahan sampah, Jumat (4/10/24). Tim ini beranggotakan Alfiqroam Kumar, M.Pd., AIFO, Ir. Suryadimal, S.T., M.T., IPM, dan Duskiardi, S.T., M.T. ini.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari agenda WRC Universitas Bung Hatta yang berfokus terhadap penanganan masalah sampah, unit bank sampah, pengolahan sampah, pemberdayaan, dan pemasaran produk luaran sampah.

“Kegiatan ini bertujuan agar SMAN 12 Padang bisa menjadi inisiator bank sampah mandiri hingga menjadi contoh bagi sekolah lainnya untuk mengurangi sampah dalam skala lokal,”kata Alfiqroam Kumar, M.Pd., AIFO, Ketua Tim PKM Universitas Bung Hatta.

Alfiqroam menjelaskan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan serta melatih kemampuan siswa pada tingkat SMA untuk mengolah sampah. Kegiatan ini sangat penting dilakukan mengingat saat ini sampah sudah termasuk ke dalam permasalahan global. Oleh karena itu, masyarakat perlu diberikan informasi serta dilatih agar bisa mengelompokkan sampah dan mengolahnya.

“Hal ini tentu terlebih dahulu dimulai dari bank sampah sehingga nantinya SMA 12 Padang memiliki bank sampah sendiri dan bisa mengumpulkan serta mengolah sampah menjadi sebuah produk tepat guna,”tutup dosen muda dari Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi itu (*)