Program Studi PTIK FKIP Universitas Bung Hatta menyelenggarakan Workshop Pengembangan Kurikulum Inovatif, Adaptif, Kolaboratif dan Pembelajaran Berbasis Case Methode dan Team Based Project Untuk Akselerasi Mandiri, Senin, (5/8/24) di ZHM Premiere Hotel Padang.

Workshop tersebut merupakan bagian dari Program Akselerasi Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Tinggi Mendukung Kampus Merdeka Mandiri Tahun 2024 yang digagas oleh Kemendikbudristek, dengan menghadirkan narasumber Prof. Putu Sudira, MP dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Pakar bidang pendidikan Pembelajaran TVET tersebut memaparkan materi tentang Konsep dasar MBKM, kompetensi lulusan, Kurikulum Adaptif, Pembelajaran Case Methode dan Team Based Project, serta penerapannya dalam merancang RPS (Rencana Pembelajaran Semester) dan implementasinya dalam pembelajaran.

Ketua Program Studi PTIK FKIP Universitas Bung Hatta, Dr. Karmila Suryani, M.Kom menyebutkan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh dosen yang mengajar di Program Studi PTIK FKIP Universitas Bung Hatta, dengan harapan kegiatan tersebut semakin meningkatkan kompetensi dosen dalam merancang dan menerapkan pembelajaran inovatif yang berpusat pada mahasiswa.

Program Studi PTIK perlu untuk merekonstruksi dan meorientasikan kurikulum dan pembelajaran berbasis Case Method dan Team basen Project agar bisa mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan sehingga nantinya dari kegiatan ini akan bertujuan untuk menghasilkan Dokumen Kurikulum PTIK, menghasilkan perangkat pembelajaran (RPS) serta mampu mengimplementasikannya ke dalam pembelajaran Case Method dan Team basen Project.

Selama kegiatan berlangsung, peserta workshop mengikuti workshop dengan serius dalam mendengarkan materi sampai dengan sesi diskusi. Peserta Workshop diajak untuk merancang kasus dan proyek pembelajaran yang sesuai dengan konteks Pendidikan TVET dan kebutuhan mahasiswa. Selain dosen yang mengampu mata kuliah di Prodi PTIK kegiatan ini diikuti juga oleh beberapa Ketua Prodi di lingkungan FKIP Universitas Bung Hatta.

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer FKIP Universitas Bung Hatta berkomitmen dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Dengan menerapkan metode Inovatif, adaptif, kolaboratif dengan pembelajaran berbasis Case Method dan Team based Project untuk Akselerasi MBKM Mandiri sehingga diharapkan kualitas lulusan Prodi PTIK FKIP Universitas Bung Hatta semakin meningkat dan mampu bersaing di dunia kerja. (*)