Skema Uang Kuliah Mahasiswa Angkatan 2023

PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2022

1.    Visi Keilmuan PS
Mengembangkan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di persekolahan yang berorientasi pada Sport Aquatik.


2.    Tujuan PS (terkait dengan profil lulusan)
a.    Menghasilkan (calon) Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di persekolahan yang memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan keilmuan yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran
b.    Menghasilkan lulusan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi yang berprofesi sebagai asisten peneliti dengan memiliki kemampuan berpikir ilmiah mengenai merencanakan, menganalisis dan mengevaluasi
c.    Menghasilkan lulusan pendidikan jasmani tersertifikasi dan terampil sebagai pelatih dalam olahraga sport aquatik
d.    Menghasilkan lulusan yang berprofesi sebagai entrepreneur di bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi

3.    Strategi Pencapaian Tujuan PS
a.    Membekali mahasiswa dengan kompetensi sebagai (calon) pendidik  pendidikan jasmani dan kesehatan yang memiliki kualitas pembelajaran dengan menyesuaikan kurikulum MBKM dan Outcame Based (OBE)
b.    Membekali mahasiswa kompetensi dalam pengembangan perencanaan, metode dan strategi pembelajaran SDM berkualitas dan kelengkapan sarana dan prasarana
c.    Membekali mahasiswa kompetensi lulusan dengan sertifikat pendamping Ijazah (SKPI) berupa lisensi Diving, lisensi D renang, lisensi CIII sepak bola dan kursus mahir dasar (KMD) pramuka  mahasiswa
d.    Meningkatkan kualitas pelayanan akademik dan administrasi secara prima dan profesional kepada mahasiswa berbasis web
e.    Peningkatan Kerjasama Nasional dan Internasional Peningkatan Mutu Akademik tingkat Nasional
f.    Menciptakan suasana akademik (academic atmosphere) yang kondusif agar tercipta komunikasi dan interaksi yang baik antar mahasiswa-mahasiswa, dan dosen dengan mahasiswa melalui kegiatan seminar, lokakarya, diskusi dan pertemuan ilmiah, kuliah umum dan kegiatan   ilmiah lainnya
g.    Menghasilkan pengabdian pada masyarakat yang tepat guna yang berbasis kebutuhan masyarakat dan dapat berkolaborasi dengan bidang lain secara lebih luas dan lebih variatif

Ketua jurusan: Fauziah, S.PdI., M.Pd

Dosen :
1. Dra. Susi Herawati, M.Pd
2. Dra. Rita Desfitri, M.Sc
3. Drs. Fazri Zuzano, M.S.i
4. Drs. Khairudin, M.S.i
5. Dra. Niniwati, M.Pd
6. Dr. Syukma Netti, M.S.i
7. Yusri Wahyuni, S.Pd., M.Pd
8. Puspa Amelia, S.Si., M.Si

  1. Visi, Misi, Tujuan Program Studi Pendidikan Matematika
    1. Visi

Visi Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bung Hatta Padang adalah menjadi Program Studi yang unggul dan bermartabat dalam menghasilkan tenaga pendidik matematika yang mampu bersaing di tingkat regional pada tahun 2030.

  1. Misi

Misi Prodi PMAT FKIP Universitas Bung Hatta Padang adalah;

  1. Melaksanakan pendidikan di bidang kependidikan matematika yang pembelajarannya membuat mahasiswa belajar berkelanjutan secara mandiri dan menggunakan teknologi komputer, yang ditunjang buku-buku referensi dalam bahasa inggris.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan matematika. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan matematika.
  1. Tujuan

Dengan mempertimbangkan kebutuhan dan harapan stakeholder dan cita-cita pendiri universitas memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melanjutkan studi di PT, maka program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Bung Hatta menyiapkan mahasiswa dan lulusannya dengan kemampuan teknis pembelajaran, berpikir kritis, kreatif, kemampuan berkomunikasi dan kemampuan professional sebagai pendidik lainnya. Oleh karena itu menamatkan pendidikannya, lulusan diharapkan:

  1. Menjadi guru matematika di tingkat sekolah menengah yang memiliki jiwa kepemimpinan (leadership) yang berkualitas dan professional
  2. Sebagai peneliti dalam bidang pendidikan matematika dan atau media pembelajaran matematika yang menggunakan IT dalam rangka pengembangan diri sebagai wujud long life learning sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Sebagai wirausahawan dalam bidang pendidikan seperti membuka jasa lembaga pendidikan sebagai janggung jawab social (social responsibilities) di tengah masyarakat dan memberikan kontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan.

 

  1. Profil Lulusan

 

Tabel 1.1. Profil Lulusan dan Deskripsi

Nomor

Profil Lulusan

Deskripsi

PL 1

Guru/pendidik matematika

Guru yang mampu melaksanakan pembelajaran kreatif, inovatif dengan penguasaan materi untuk pendidikan sekolah dasar dan menengah, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi, media dan pembelajarannya. Berjiwa Pancasila, memiliki jiwa kepemimpinan dan cara baik Bung Hatta, sehingga menjadi calon guru professional

PL 2

Asisten peneliti pendidikan matematika

Peneliti yang mampu mengkaji permasalahan pendidikan Matematika dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dan memiliki karakter dan sikap cara baik bung Hatta, dengan mempunyai kemampuan matematika dan penguasaan teknologi informatika, serta mampu melanjutkan kejenjang pendidikan lebih tinggi baik bidang pendidikan matematika maupun cabang perluasan Ilmu matematika lainnya

PL 3

wirausahawan kependidikan matematika (edupreneur)

Wirausahawan yang mampu berusaha sendiri maupun bekerja bersama orang lain dan bersikap jujur untuk menghasilkan produk-produk media pembelajaran matematika, program pegajaran/kursus matematika, dan menghasilkan dan pelatihan penggunaan bahan ajar matematika untuk sekolah dasar dan menengah

 

STRUKTUR ORGANISASI

Ka. Prodi : Gusnetti, M.Pd. 

Dosen:

1. Dr. M. Sayuti, M.Pd.

2. Dr. Marsis, M.Pd.

3. Dr. Yetty Morelent, M.Hum.

4. Dr. Hasnul Fikri, M.Pd.

5. Dr. Syofiani, M.Pd.

6. Dr. Ineng Naini, M.Pd.

7. Romi Isnanda, S.Pd. M.Pd.

8. Rio Rinaldi, S.Pd. M.Pd.

9. Dr. Olin Nita, M.Pd.

Visi Program Studi PendidikanBahasa dan Sastra Indonesia

Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia yang bermutu dan terkemuka di tingkat nasional  dan regional pada tahun 2030.

Misi  Program Studi PendidikanBahasa dan Sastra Indonesia

 (1)   Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu bahasa dan sastra Indonesia dalam suasana akademik yang sehat dan kondusif,

(2) Melaksanakan kegiatan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia serta mengaplikasikannya di tengah masyarakat dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat,

(3) Mengembangkan keterampilan-khusus di bidang kejurnalistikan.

 

Tujuan Program Studi PendidikanBahasa dan Sastra Indonesia

Untuk mewujudkan harapan para pemangku kepentingan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Bung Hatta menyiapkan lulusan yang berkompeten memiliki kealian teknis di bidang bahasa Indonesia, memiliki sikap berpikir kritis, mampu berkomunikasi dan berperilaku etis. Bersamaan dengan itu, para lulusan  diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut:

  • menjalankan fungsi sebagai lembaga penghasil calon guru bahasa Indonesia,
  • menjalankan fungsi sebagai lembaga penghasil cendekiawan bahasa yang berkompeten dan profesional
  • menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan khusus bidang jurnalistik berupa pengalaman belajar dalam penulisan berita, penulisan feature, penulisan artikel populer, dan pengalaman keredaksian lainnya (wartawan, fotografer, korektor, dan editor)

Page 2 of 5

Dr. Yetty Morelent, M. Hum. (Dekan FKIP)

Dra. Zulfa Amrina, M. Pd. (Wakil Dekan FKIP)

Dr. Gusnetti, M. Pd (Ka. Prodi Pindo)

Dra. Pebriyenni, M. Si (Ka. Prodi PPKn)

Fitrina Harmaini, S.S., M.A. (Ka. Prodi PING)

Puspa Amelia, S.Si., M. Si. (Ka. Prodi PMAT)

Dr. Enjoni, M.P. (Ka. Prodi PGSD)

Rona Taula Sari, S.Si., M. Pd. (Ka. Prodi PBIO)

Dr. Karmila Suryani, M. Kom. (Ka. Prodi PTIK)

Ali Mardius, S. Pd., M. Pd. (Ka. Prodi PJKR)

Dr. Syofiani, M. Pd. (Ka. Prodi Magister Pindo)

Copyright © 2020 Pustikom Universitas Bung hatta